11 Anjing Pelacak Dikerahkan untuk Mencari Korban Letusan Gunung Semeru

- Selasa, 14 Desember 2021 | 14:46 WIB
anjing pelacak untuk mencari jenazah korban letusan Gunung Semeru yang tertimbun material letusan.  (duku. photography on Unsplash)
anjing pelacak untuk mencari jenazah korban letusan Gunung Semeru yang tertimbun material letusan. (duku. photography on Unsplash)

LUMAJANG, AYOSURABAYA.COM -- Mabes Polri dan Polda Jatim mengandalkan anjing pelacak untuk mencari jenazah korban letusan Gunung Semeru yang tertimbun material letusan.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyebutkan, ada 11 ekor anjing pelacak Unit Satwa K-9 yang dilibatkan dalam operasi pencarian korban guguran awan panas Gunung Semeru. Ia mengaku bersyukur lantaran upaya tersebut membuahkan hasil.

"Belasan anjing K-9 berhasil menemukan 13 jenazah korban sejak hari kedua operasi pencarian berlangsung pada Minggu (5/12/2021) hingga Senin (13/12/2021) kemarin," kata Gatot, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: Viral Video Awan Merah Disertai Petir di Jatim, Gunung Welirang Meletus? Berikut Penjelasan BMKG

Gatot menjelaskan, temuan tersebut bersumber dari 25 titik yang disinyalir terdapat aroma yang berhasil diendus anjing pelacak. Tentunya, hal itu menjadi petunjuk anggota satgas dari Tim SAR Gabungan dalam mengerahkan alat berat untuk melakukan penggalian skala besar mengunakan alat berat.

Belasan jenazah korban ditemukan di area pencarian pada 2 desa yang berlokasi di Kecamatan Candipuro, tepatnya di Desa Curahkobokan dan Desa Kampung Renteng.

"Unit Satwa K-9 yang dilibatkan itu berasal dari Baharkam Mabes Polri dengan 5 ekor, Unit Satwa Polda Jatim 4 ekor anjing, dan Polres Malang Kota dengan 2 ekor anjing," ujarnya.

Baca Juga: Petisi Boikot Nikita Mirzani Viral, Ini Profil dan Biodata Nikmir

Gatot mengatakan, belasan ekor anjing unit satwa K-9 itu tetap akan disiagakan selama operasi pencarian. Mereka dikomandoi masing-masing satgas pencarian korban bencana alam Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X