Gunung Semeru Kembali Erupsi pada Kamis Pagi

- Kamis, 16 Desember 2021 | 10:43 WIB
Letusan Gunung Semeru pada Kamis, 16 Desember 2021, pagi.  (Basarnas.)
Letusan Gunung Semeru pada Kamis, 16 Desember 2021, pagi. (Basarnas.)

LUMAJANG, AYOSURABAYA.COM - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim) kembali erupsi. Data yang diperoleh AyoSurabaya menyebutkan, erupsi kembali terjadi pada Kamis (16/12/2021) pagi ini.

Berdasarkan video yang beredar di grup WhatsApp Messenger, tampak Gunung Semeru mengeluarkan kepulan asap hitam pekat, abu-abu, dan disertai awan panas menjulang ke sekitarnya. Sejumlah personel TNI, Basarnas, dan relawan sontak berlarian dan menyelamatkan diri.

Terdengar pula suara perekam video yang 'ngos-ngosan'. Bahkan, pemimpin SRU terdengar meniup peluit sebagai tanda bahaya dan segera menyelamatkan diri.

Baca Juga: Gempa M5,1 yang Mengguncang Jember Tadi Pagi Mengakibatkan Satu Rumah Rusak Berat

Perihal tersebut dibenarkan Humas Kantor SAR Surabaya, M. Thalib Fatalehen dalam keterangannya.

"Iya (kembali erupsi)," kata Thalib, Kamis (16/12/2021).

Thalib menjelaskan, seluruh personel yang disiagakan untuk proses pencarian dan evakuasi otomatis langsung menyelamatkan diri. Seluruh unsur SAR gabungan langsung ditarik ke titik aman atau posko terdekat.

"Semua personel, SRU 1, SRU 2, dan SRU 3 ditarik dari lokasi pencarian menuju ke titik aman, kemudian ke posko," ujarnya.

Akibat erupsi itu, seluruh kegiatan penyisiran dan evakuasi tim beserta personel gabungan langsung dihentikan. Namun, belum diketahui apakah ada korban luka atau jiwa dari kejadian tersebut.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X