Pemprov Jatim Siapkan Ribuan Hektare Lahan untuk Hunian Warga Letusan Gunung Semeru

- Jumat, 17 Desember 2021 | 10:22 WIB
Dampak letusan Gunung Semeru pada 4 Desember 2021. (APDI Jatim)
Dampak letusan Gunung Semeru pada 4 Desember 2021. (APDI Jatim)

LUMAJANG, AYOSURABAYA.COM -- Warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru masih menghuni sejumlah titik pengungsian. Dengan harap-harap cemas, mereka kerap bertanya-tanya tentang nasib rumah yang telah hancur dihantam lahar dan awan panas.

Kendati demikian, pemerintah berupaya mencari solusi perihal tersebut. Salah satunya dengan mengupayakan lahan dan pembangunan rumah bagi warga yang menjadi korban erupsi Semeru.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya bersama KLHK bakal mengupayakan maksimal agar menyiapkan lahan bagi warga sekitar. Untuk itu, pasca menerima surat keputusan resmi dari KLHK pada Rabu (15/12/2021) malam, rupanya telah disiapkan lahan seluas 90,99 hektare di 2 titik, yakni di Candipuro dan Pronojiwo.

Baca Juga: Selama 2021, Terjadi 104 Kekerasan pada Anak di Kota Surabaya

"Untuk penyiapan yang besar di Candipuro ini format persiapan buntar. Insyaallah, sudah bisa dilakukan, clearence sudah bisa dilakukan selesai turunnya SK. Karena, pada dasarnya alat-alat berat sudah standby di sana, alat-alat berat PUPR sudah di sana, alat-alat beratnya Kodam, Polda, juga punya Pemprov (Jatim)," kata Khofifah, Kamis (16/12/2021).

Dengan begitu, upaya pembangunan rumah warga di luasan area tersebut bisa dilakukan. Sejumlah hunian juga bisa segera dibangun buntarannya.

"Butaran ini akan menjadi satu kesatuan, bangunan induk atau huntapanya (hunian tetap). Jadi, ketika huntap selesai, huntara ini bisa dijadikan sebagai pengembangan rumah, bisa dapur, bisa tambah kamar, dan seterusnya," ujarnya.

Baca Juga: Banjir Kabupaten Madiun Surut, 423 Rumah Warga Terdampak

Khofifah menjelaskan, ada salah satu opsi menarik dari Bupati Lumajang, Thoriqul Haq terkait format yang disediakan. Menurutnya, ada konsep unik yang sesuai dengan kondisi, kontur tanah, hingga cuaca.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X