Alat Berat Disiapkan untuk Lahan Baru Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru

- Jumat, 17 Desember 2021 | 15:42 WIB
Bangunan dan ladang yang rusak akibat letusan Gunung Semeru.  (Moh Hariyadi)
Bangunan dan ladang yang rusak akibat letusan Gunung Semeru. (Moh Hariyadi)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM - Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, pihaknya siap membantu proses relokasi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang ke lokasi yang lebih aman. 

Nico menuturkan pihaknya bakal bersinergi dengan pemerintah setempat untuk melaksanakan pengecekan dan relokasi. Sebab, akan ada sejumlah lahan di 2 daerah yang totalnya sekitar 90 hektar

"Kami akan menyiapkan alat berat supaya dapat melaksanakan itu," kata Nico dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: Mengenal Sunan Drajat yang Menyebarkan Islam dengan Ajaran Pepali Pitu

Kendati demikian, Nico berharap masyarakat yang terdampak erupsi Semeru untuk tetap tenang dan waspada. Serta, tetap menghuni lokasi atau titik aman yang telah dipersiapkan petugas SAR gabungan.

"Saya minta, tetap waspada sambil prosesi (evakuasi dan identifikasi) ini berjalan. Masyarakat tetap tenang dan tetap waspada, karena Gunung Semeru sekarang tiap hari masih ada data yang perlu diantisipasi, yang diumumkan oleh BMKG dan satgas vulkanologi," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya bersama KLHK bakal mengupayakan maksimal agar menyiapkan lahan bagi warga sekitar.

Baca Juga: Selama 2021, Terjadi 104 Kekerasan pada Anak di Kota Surabaya

Untuk itu, pasca menerima surat keputusan resmi dari KLHK pada Rabu (15/12/2021) malam, rupanya telah disiapkan lahan seluas 90,99 hektar di 2 titik, yakni di Candipuro dan Pronojiwo.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X