28 dari 38 Jenazah Letusan Gunung Semeru yang Teridentifikasi Telah Dibawa Keluarga

- Jumat, 17 Desember 2021 | 15:49 WIB
Tim evakuasi menemukan jenazah yang tertimbun material letusan Gunung Semeru.  (BNPB)
Tim evakuasi menemukan jenazah yang tertimbun material letusan Gunung Semeru. (BNPB)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Sejumlah korban meninggal dunia akibat letusan Gunung Semeru Lumajang telah dievakuasi dan dibawa petugas SAR gabungan sejak Minggu (5/12/2021) lalu. Seluruhnya, telah dibawa ke RSUD dr. Haryoto Lumajang untuk pencocokan DNA oleh tim DVI.

Namun, hingga Jumat (17/12/2021) ini, hanya ada sebagian jenazah yang berhasil diidentifikasi. Tercatat, sudah ada 28 jenazah yang teridentifikasi dan telah dibawa keluarga masing-masing.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta meminta kepada seluruh masyarakat yang merasa anggota keluarga atau kerabat yang menjadi korban letusan Gunung Semeru untuk berperan aktif. Ia ingin, warga datang ke RSUD dr. Haryoto, Kabupaten Lumajang untuk pencocokan DNA.

Baca Juga: Mengenal Sunan Drajat yang Menyebarkan Islam dengan Ajaran Pepali Pitu

"Dari 38 (jenazah) itu, sudah teridentifikasi 28 jenazah dan sudah diambil keluarga," kata Nico dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021).

Ihwal penanganan bencana, Nico menegaskan bahwa Polda Jatim sudah membentuk beberapa satgas. Mulai dari satgas humas, pencarian dan evakuasi, kesehatan, hingga logistik.

"Untuk satgas kesehatan ada satgas DVI yang telah menemukan 44 bagian yang terdiri dari 38 jenazah, kemudian 6 bagian badan," ujarnya.

Baca Juga: Selama 2021, Terjadi 104 Kekerasan pada Anak di Kota Surabaya

Nico menjelaskan, untuk satgas kesehatan, akan terus berupaya meminta masyarakat yang merasa keluarganya belum ditemukan untuk segera datang ke RSUD dr. Haryoto Lumajang. Supaya, dapat diambil contoh bagian DNA-nya agar dapat dicocokkan dengan jenazah yang ditemukan tim pencarian.

"Terima kasih untuk masyarakat yang sudah aktif, saya kira sekarang penting untuk mengidentifikasi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X