WHO Sebut Varian Omicron Berpotensi Gantikan Varian Delta di Dunia

- Minggu, 19 Desember 2021 | 08:20 WIB
Ilustrasi virus Corona varian Omicron.
Ilustrasi virus Corona varian Omicron.

AYOSURABAYA.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa varian Omicron memiliki kemungkinan untuk menggantikan dominasi varian Delta. Hal ini dikarenakan varian Omicron lebih menular penyebarannya.

Pernyataan tersebut datang dari Perwakilan WHO Filipina Rabindra Abeyasinghe. Dia menganalisis varian Omicron yang dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

“Semuanya menunjukkan fakta bahwa varian itu sangat mungkin menggantikan dominasi varian Delta dan dapat menggantikan varian-varian sebelumnya seperti varian Alfa dan Beta,” ujarnya dilansir dari newsinfo.inquirer.net, Sabtu 18 Desember 2021.

Baca Juga: Mengenal Sunan Gunung Jati, Pendiri Tonggak Keislaman di Cirebon

“Kita harus bersiap untuk kemungkinan itu ketika varian Omicron mulai menyebar di Filipina,” tambahnya.

Otoritas Kesehatan Filipina (DOH) mengkonfirmasi adanya dua pelaku perjalanan internasional yang ditemukan terinfeksi positif Covid-19 jenis Omicron. Mereka adalah warga Filipina yang baru kembali dari Jepang dan seorang warga negara Nigeria.

Menurut data yang dipaparkan oleh Abeyasinghe, varian Omicron yang masuk dalam kategori ‘variant of interest’ itu telah menyebar ke 77 negara.

Baca Juga: 22 Link Download Twibbon Hari Ibu Pilihan, Terbaik untuk Dibagikan di WA, IG, dan FB

“Bahkan, di beberapa negara, mereka memprediksi bahwa Omicron akan menjadi strain dominan dalam hitungan minggu ke depan,” katanya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X