5 Rekomendasi Gunung di Jawa Timur bagi Pendaki Pemula

- Senin, 10 Januari 2022 | 06:24 WIB
Ilustrasi gunung di Jawa Taimur yang direkomendasikan untuk pendaki pemula.  (Khoirun Mushofa)
Ilustrasi gunung di Jawa Taimur yang direkomendasikan untuk pendaki pemula. (Khoirun Mushofa)

AYOSURABAYA.COM -- Sedikitnya ada 5 gunung di Jawa Timur yang direkomendasikan bagi pendaki pemula untuk memulai petualangannya menaklukkan puncak demi puncak.

Rekomendasi ini berdasarkan ketinggian gunung dan jalur medan menuju puncak.

1. Gunung Panderman

Gunung berketinggian 2.045 mdpl ini terletak di Malang, Jawa Timur. Puncaknya disebut juga sebagai Puncak Basundara dan bisa dicapai dalam waktu kurang lebih empat jam pendakian.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Surabaya Hari Ini, Senin 10 Januari 2022, Cerah Sepanjang Hari

Untuk mendaki Gunung Panderman, kamu bisa memilih dua jalur yaitu Jalur Dukuh Toyomerto dan Jalur Curah Banteng. Pemandangan gagahnya Gunung Arjuno dan Gunung Welirang bisa kamu nikmati saat sudah berada di puncak gunung ini.

2. Gunung Penanggungan

Gunung berbentuk kerucut ini terletak di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ketinggiannya 1.653 mdpl dan memiliki puncak yang disebut dengan Puncak Pawitra.

Untuk menuju puncak Gunung Penanggungan, ada lima jalur yang bisa dilewati yaitu Jalur Jolotundo, Jalur Tamiajeng, Jalur Kedungudi, Jalur Wonosunyo Betro, dan Jalur Ngoro. Saat sampai di puncak, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan Gunung Welirang.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Jember Sebabkan Satu Warga Meninggal

Senin, 10 Januari 2022 | 09:34 WIB
X