5 Desa Wisata Wajib Dikunjungi Rekomendasi Menteri Sandiaga Uno, Salah Satunya Ada di Jatim

- Senin, 10 Januari 2022 | 14:34 WIB
Desa Wisata Pujon Kidul (Nur Lela)
Desa Wisata Pujon Kidul (Nur Lela)

AYOSURABAYA.COM -- Dalam unggahan Instagram beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merekomendasikan 5 desa wisata yang patut dukunjungi. Salah satunya berada di Jawa Timur.

Desa merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi bagi orang-orang yang merasa penat beraktivitas di perkotaan.

Desa Wisata juga terbukti telah menciptakan banyak peluang usaha dan lapangan kerja baru, seiring dengan semakin masifnya kunjungan ke desa wisata di daerah.

1. Desa Wisata Pujon Kidul
Di Desa Wisata Pujon Kidul yang terletak di Malang, Jawa Timur ini, kita dapat menikmati sunrise yang indah di Bukit Nirwana dan merasakan suasana hangat nan otentik di Kampung Budaya.

Berbagai kegiatan menarik seperti membuat aneka olahan susu di Pawon Ndeso, atau belajar membuat batik tulis, topeng, bermain gamelan, dan belajar tarian tradisional.

2. Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua
Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua termasuk dalam 50 besar desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Desa Wisata yang satu ini menawarkan pemandangan hamparan pasir putih sekaligus keindahan bawah laut yang begitu menawan akan berbagai ragam biota laut, salah satunya adalah Pari Manta.

Untuk wisatawan yang ingin menyelam akan ditemani oleh para pemandu lokal yang sudah mendapat pelatihan secara resmi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

3. Desa Wisata Cisande
Desa Wisata Cisande ini terletak di Kabupaten Sukabumi, merupakan desa wisata berbasis edukasi peternakan. Desa Wisata Cisande menyuguhkan ragam kegiatan dengan nilai-nilai edukasi peternakan untuk wisatawan, seperti budidaya ikan hias dan lele.

Selain itu, desa ini juga memiliki potensi kegiatan wisata edukasi lainya seperti menghias layang-layang camping, menanam padi, outbond, panahan, river tubing, camping ground, taman kuliner, dan kita juga dapat melihat langsung produksi kriya seperti sandal jepit, permainan tradisional, anyaman bambu, dan mengikuti kegiatan seru lainnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Banjir Jember Sebabkan Satu Warga Meninggal

Senin, 10 Januari 2022 | 09:34 WIB
X