9 Destinasi Wisata Religi Makam Wali Songo di Pulau Jawa, 5 Berada di Jatim

- Senin, 10 Januari 2022 | 15:41 WIB
Makam Sunan Drajat (GRAFIKA MASRUFI MM CHANNEL)
Makam Sunan Drajat (GRAFIKA MASRUFI MM CHANNEL)

AYOSURABAYA.COM -- Makam Wali Songo merupakan tempat wisata religi yang sering dikunjungi di waktu-waktu tertentu. Makam sembilan Wali Songo ini tersebar di Pulau Jawa. 5 Di antaranya berada di Jatim.

Untuk mengetahui keberadaan lebih lanjut soal 9 makam Wali Songo tersebut, berikut ayosurabaya sajikan informasi singkatnya.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Wajib Dikunjungi Rekomendasi Menteri Sandiaga Uno, Salah Satunya Ada di Jatim

1. Sunan Gresik
Makam Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim terletak di Jalan Malik Ibrahim Nomor 52-62, Desa Gapuro Sukolilo, Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Lokasi makam sangat dekat dengan Taman Makam Pahlawan Gresik, pusat kota dan Alun-alun Gresik. Tempatnya sangat luas dan mampu menampung rombongan peziarah dalam jumlah banyak.

2. Sunan Ampel
Makam Sunan Ampel atau Raden Rahmat terletak di Jalan Ampel Masjid Nomor 53, Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. Makam ini berada di komplek Masjid Ampel, masjid peninggalan Sunan Ampel yang dibangun oleh Sunan Ampel dengan dua sahabatnya, Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji, serta dibantu oleh para santrinya.

Baca Juga: Update Informasi Soal Kartu Prakerja Gelombang 23

3. Sunan Giri
Makam Sunan Giri atau Raden paku berada di atas bukit dalam cungkup berasitektur Jawa yang terletak di Jalan Sunan Giri, Dusun Giri Gajah, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Lokasi makam ini agak jauh dari situs Giri Kedaton yang dibangun oleh Sunan Giri dan pernah menjadi pusat pemerintahan pada masa Sunan Giri hingga keturunannya.

4. Sunan Bonang
Makam Sunan Bonang atau Raden Makdum Ibrahim terletak di Jalan Bonang, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasi makam ini berada dekat dengan pusat kota, Alun-alun Tuban dan Laut Jawa.

5. Sunan Drajat
Makam Sunan Drajat atau Raden Qasim berada diatas bukit yang terletak di Jalan Sunan Drajat, Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Lokasi makam ini berada dekat dengan Alun-alun Drajat. Di dalam komplek makam terdapat museum yang memajang barang milik Sunan Drajat yang dipakai saat berdakwah dan beduk peninggalan Sunan Drajat.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir Jember Sebabkan Satu Warga Meninggal

Senin, 10 Januari 2022 | 09:34 WIB
X