Nettox, Jam Tangan Pintar untuk Atasi Kecanduan Gawai

- Jumat, 8 November 2019 | 17:27 WIB
Nettox Watch temuan tiga mahasiswa Universitas Indonesia. Nettox bisa membantu penggunanya mengatasi kecanduan gawai. (www.ui.ac.id)***
Nettox Watch temuan tiga mahasiswa Universitas Indonesia. Nettox bisa membantu penggunanya mengatasi kecanduan gawai. (www.ui.ac.id)***

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM-- Tiga mahasiswa Universitas Indonesia berhasil menemukan alat untuk mengatasi kecanduan internet. Alat yang disebut Nettox Watch itu memang berupa jam tangan pintar (smart watch).

Kantor berita Antara, Kamis (7/11/2019), melaporkan, Nettox adalah singkatan dari internet detox atau detoksifikasi daring.

Menurut situs ini dan ini, Nettox Watch dapat mendeteksi tingkat penurunan variabilitas detak jantung dan mencatat waktu aktivitas internet pengguna secara real-time. Dengan alat itu, orang yang terdeteksi telah menggunakan internet secara berlebihan akan diberi peringatan agar berhenti.

Nettox Watch ditemukan oleh Irfan Budi Satria (Teknik Elektro Tahun Angkatan 2016 Fakultas Teknik (FTUI)), Nabila Ayu Budianti (Biologi 2016 Fakultas MIPA (FMIPA)), dan Alhuda Reza Mahara (Teknik Komputer2016 FTUI) di bawah bimbingan dosen FTUI Arief Udhiarto.

Teknologi yang digunakan dalam Nettox Watch adalah terapi berbasis biofeedback, yaitu menggunakan sinyal-sinyal biologis tubuh untuk memberi peringatan kesehatan kepada pengguna yang menggunakan internet di telefon genggamnya secara berlebihan mengingat dampak negatifnya terhadap kesehatan, seperti penurunan variabilitas detak jantung (HRV).

AYO BACA : Deteksi Kandungan Boraks dan Formalin dengan Bunga Kencana Ungu

Menurut Irfan Budi Satria, pembuatan Nettox Watch terinspirasi perangkat wearable dengan sensor kesehatan yang semakin canggih, seperti Xiaomi Mi Band. ”Wearable Nettox ingin membawa teknologi ini semakin jauh dengan menggunakan data dari sensor untuk mengindikasi apakah pengguna mengalami penurunan kesehatan akibat penggunaan internet berlebihan,” kata Irfan.

AYO BACA: Aplikasi Pendidikan Kejar.id, dari SMK Wikrama untuk Indonesia

AYO BACA: Antasena, Mobil Konsep Hidrogen Ciptaan Mahasiswa ITS Berlaga di London

Halaman:

Editor: Rahim Asyik

Tags

Terkini

Patra Jasa Raih 2 Penghargaan Anugerah BUMN

Jumat, 25 Maret 2022 | 09:28 WIB

Terlengkap! Ini Tata Cara Mandi Wajib Setelah Junub

Rabu, 3 November 2021 | 17:00 WIB

7 Ketentuan Tata Cara Sholat Dhuha

Rabu, 3 November 2021 | 12:53 WIB

TERLENGKAP! Doa Pernikahan Pengantin Secara Islam

Senin, 1 November 2021 | 12:14 WIB

10 Doa untuk Bayi Baru Lahir, Terlengkap!

Minggu, 31 Oktober 2021 | 22:39 WIB
X