Ridwan Kamil Sambangi Markas Bonek di Surabaya, Ada Apa ?

- Minggu, 30 Mei 2021 | 19:01 WIB
Suasana kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Kandang Suporter Persebaya di kawasan Ngagel, Kota Surabaya. Minggu (30/5/2021)
Suasana kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Kandang Suporter Persebaya di kawasan Ngagel, Kota Surabaya. Minggu (30/5/2021)

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi markas suporter Persebaya Surabaya yang berjuluk Bondo Nekat (Bonek). Kunjungan tersebut berlangsung pada Minggu (30/5/2021) siang di Warkop Pitu Likur, Jalan Raya Ngagel, Kota Surabaya.

Gubenur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, kunjungannya tersebut hanya kebetulan semata. Lantaran, ia sedang ada kunjungan dinas dengan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Maka dari itu, ia pun memutuskan untuk berkunjung dengan para Bonek.

"Kami datang ke sini untuk silaturahmi. Dulu, 2016 kita pernah ada interaksi yang positif saat Persebaya kembali laga," kata Ridwan, Minggu (30/5/2021).

Ridwan menuturkan, kunjungan kali ini tersirat dalam benaknya jauh sebelumnya. Kala itu, Ridwan sempat berbincang ke tim Persebaya ingin silaturahmi apabila ada waktu lengang saat berkunjung ke kota pahlawan.

AYO BACA : Pembukaan Pendaftaran CPNS 2021 Diundur, Tidak Jadi 31 Mei

"Supaya bisa tukeran nomor hp, supaya nanti kalau Bonek ke Jabar lagi, bisa saling menjaga mengamankan, kira-kira begitu," ujarnya.

Ridwan menegaskan, kedekatan antara pendukung Persebaya dengan Persib memiliki sejarah tersendiri. Menurutnya, dalam budaya suporter di Indonesia, banyak kaus-kaus berjuluk  'Bobotoh-Bonek Bersaudara' yang dianggap menunjukkan ada sejarah yang harus menjadi contoh.

"Bahwa, ketika bertanding rivalitasnya 90 menit saja. Setelah itu, ya kembali, sama-sama Indonesia Raya, sama-sama Pancasila merah-putih," tuturnya.

Ia menjelaskan, kedatangannya murni untuk bersilaturahmi, tidak ada 'embel-embel' dibaliknya. Pun sebaliknya, saat para Empunya Bonek Mania berkunjung ke Bandung, akan dijamu. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X