Lapas Kelas 1 Surabaya Kebobolan Penyelundupan Narkotika, Modus Pakai Speaker Aktif

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:17 WIB
Penyelundupan narkotika di Lapas Kelas 1 Surabaya (Praditya Fauzi Rahman)
Penyelundupan narkotika di Lapas Kelas 1 Surabaya (Praditya Fauzi Rahman)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Lagi-lagi, ada upaya penyelundupan narkotika di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Jawa Timur (Jatim). Bahkan, pelaku nekat mengirimkan barang haram itu melalui jasa atau kurir ekspedisi.

Perihal tersebut dibenarkan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono. Ia mengakui, upaya para penyelundupan narkotika semakin variatif dalam melaksanakan modus.

Krismono mengamini bila petugas Lapas kelas 1 Surabaya di Porong, Sidoarjo menemukan adanya upaya penyelundupan narkotika. Total, ada 4 paket narkotika beragam jenis yang diselundupkan dengan modus menyembunyikannya ke dalam speaker aktif.

Baca Juga: Juara Piala Thomas dari Masa ke Masa, Indonesia Juara Berapa Kali ?

Petugas mendapati, speaker aktif itu dikirim melalui jasa ekspedisi dan ditujukan untuk identitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tak dikenal. Ketika didalami, tak ada nama pegawai atau WBP sesuai paket yang dikirim itu.

Belakangan, baru lah diketahui bahwa paket itu diterima oleh seorang WBP yang menjadi tahanan pendamping berinisial DD yang mendekam karena kasus pencurian. Seketika, DD langsung ditegur Kasi Keamanan dan Ketertiban, Nurcahyo Wicaksono.

"Petugas (Cahyo) menanyakan peruntukannya, lalu dia (DD) menjawab bahwa paket itu untuk WBP berinisial RZ yang ditempatkan pada Blok C," kata Krismono, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga: Penantian 19 Tahun Berakhir, Indonesia Juara Piala Thomas !

Krismono menuturkan, sesuai SOP yang berlaku, barang haram itu tak diperbolehkan masuk usai petugas melakukan penggeledahan. Kendati, sekilas tak ada yang aneh lantaran speaker yang dikirim itu merupakan produk baru, lengkap dengan kardus dan kartu garansi.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Ayosurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Link Download Logo 17 Agustus 2022 (HUT RI ke 77)

Minggu, 31 Juli 2022 | 21:03 WIB

4 Tanda Pasangan Merasa Bosan dengan Hubungan

Rabu, 27 Juli 2022 | 11:30 WIB
X