Cara Unik Rutan Gresik Bikin Jera Pelanggar, Sediakan Akuarium Khusus Ponsel

- Selasa, 2 November 2021 | 16:50 WIB
Foto Istimewa (Humas KemenkumHAM Jatim) (Foto Istimewa (Humas KemenkumHAM Jatim))
Foto Istimewa (Humas KemenkumHAM Jatim) (Foto Istimewa (Humas KemenkumHAM Jatim))

GRESIK, AYOSURABAYA.COM - Ada beragam cara yang dilakukan sipir atau petugas lembaga pemasyarakatan (Lapas) atau rumah tahanan (rutan) untuk membuat para warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang bandel agar jera tak melakukan pelanggaran menggunakan ponsel.

Salah satunya seperti yang Rutan Kelas 1 Gresik. Sebab, petugas rutan menyediakan aquarium khusus. Gunanya, akuarium itu menjadi wadah sejumlah handphone sitaan yang diselundupkan ke dalam bui.

Kepala Rutan Gresik, Aris Sakuriyadi mengatakan, tujuan dibuatnya aquarium khusus itu adalah agar para warga binaan dan pengunjung bisa melihat langsung ratusan handphone yang digerogoti air garam. Menurutnya, hal tersebut adalah salah satu alternatif untuk membuat pelanggar jera.

Baca Juga: 3 Gejala Diabetes pada Wanita yang Berdampak pada Hubungan Suami Istri

Sebelum ditenggelamkan, petugas menghancurkan ponsel yang disita terlebih dulu tersebut dengan cara dipalu. Bila sudah tak berfungsi, petugas langsung menenggelamkan gawai ke dalam akuarium dengan volume 4 meter kubik.

"Kami selalu memerangi adanya penyelundupan handphone dalam rutan," kata Aris dalam keterangan tertulis, Selasa (2/11/2021).

Aris menjelaskan, sejak Januari 2021, sudah ada ratusan handphone yang dimasukkan ke akuarium. Seluruhnya adalah hasil penggeledahan kamar hunian WBP.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Gratis dengan FLVTO, Unduh Tanpa Aplikasi Tambahan Lewat HP

Setelah dilakukan inventarisir dan dilaporkan ke Kanwil KemenkumHAM Jatim, pihaknya lantas memastikan smartphone yang ada tak bisa difungsikan lagi. Meski kerap merusak dan membuat efek jera pada pelanggar, pihaknya tetap rutin melakukan penggeledahan blok hunian setiap pekan untuk mengantisipasi hal serupa, seperti operasi yang dilakukan secara tentatif.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Ayosurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X