Viral Video Awan Merah Disertai Petir di Jatim, Gunung Welirang Meletus? Berikut Penjelasan BMKG

- Senin, 13 Desember 2021 | 20:52 WIB
Tangkapan layar video awan berwarna merah yang beredar di sejumlah grup WhatsApp Messenger di Surabaya, Senin (13/12/2021).
Tangkapan layar video awan berwarna merah yang beredar di sejumlah grup WhatsApp Messenger di Surabaya, Senin (13/12/2021).

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Masyarakat Jawa Timur dikejutkan dengan sejumlah video yang beredar di beragam grup WhatsApp Messenger terkait awan berwarna merah disertai petir.

Ada yang menyebut hal tersebut merupakan letusan Gunung Welirang, Pasuruan, Jatim. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa hal tersebut merupakan kebakaran pabrik.

Lantas, bagaimana sebenarnya validitas dan informasi perihal tersebut?

Baca Juga: Kesalahan Teknis, Hasil Undian Babak 16 Besar Liga Champions Dibatalkan dan Akan Diulang Pukul 21.00 WIB

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda, Teguh Tri Susanto angkat bicara perihal tersebut. Menurutnya, video itu memang benar adanya.

Namun, Teguh menyatakan hal itu merupakan salah satu jenis fenomena alam yang tengah terjadi, yakni Optik Atmosfer.

Hal itu disampaikan usai BMKG mengumpulkan hasil pantauan dari beberapa gambar dan video yang sudah beredar di masyarakat Jatim, terutama wilayah Malang, Mojokerto, dan sekitarnya.

Baca Juga: 4 Ciri Payudara Sehat

Teguh menyatakan, hal itu sebenarnya lumrah terjadi. Hanya saja, tak semua masyarakat memahami atau mengerti tentang fenomena alam itu.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X