5 Ide Lomba 17 Agustus Tanpa Berkerumun: Balap Karung Virtual, Begini Caranya

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 13:28 WIB
 Lomba 17 Agustus dapat digelar secara daring, salah satunya lomba balap karung virtual.   (Mufid Majnun on Unsplash)
Lomba 17 Agustus dapat digelar secara daring, salah satunya lomba balap karung virtual. (Mufid Majnun on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Perayaan HUT kemerdekaan Indonesia tahun ini akan sama dengan tahun dimanan masyarakat harus membatasi berbagai aktivitas yang bisa menimbulkan kerumunan.

Hal ini diatur oemerintah lewat Surat Edaran Nomor 0031/4297/Sj03.1/4214/Sj tentang Pedoman Teknis Peringatan HUT Ke-76 RI 2021, salah satu poinnya tertulis “Tidak mengadakan perlombaan yang berpotensi terjadinya kerumunan yang dapat menimbulkan penularan COVID-19.”, tulis SE tersebut yang dibuat oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Muhammad Tito Karnavian(10/08/21)

SE tersebut pun sudah memberikan alternatif lain untuk menyelesaikannya, yaitu dengan melaksanakan lomba 17 Agustus secara virtual.

Lalu lomba 17 Agustusan seperti apa yang dapat digelar secara virual, berikut daftarnya:

1. Lomba Filter Balap Karung
Hanya melalui filter Instagram, Anda bersama teman atau pasanganmu bisa melakukan lomba ini. Filter yang dibuat akun @rezzzairawan ini bertemakan balap karung dengan sensor kedipan mata yang akan menggerakkan gambar dalam filter untuk lompat hingga garis finish. Anda bisa mengajak teman atau pasangan untuk melakukan lomba ini.

2. Lomba Filter Makan Kerupuk
Sama dengan filter balap karung, Anda juga bisa memanfaatkan filter berjudul “makan kerupuk” untuk mengadakan lomba virtual. Kreator seperti @topindopayskw, @adhiyoko, dan @arieldaud sudah membuat filter Instagram ini dan bisa digunakan siapapun dengan gratis. Sama seperti yang biasa dilakukan, Anda hanya perlu mengarahkan mulut ke gambar kerupuk hingga habis. Supaya lebih meriah, Anda bisa mengadakan Live Instagram, mengundang akun lain untuk Live bersama, lalu gunakan filter tersebut untuk menentukan siapa yang menjadi pemenangnya.

3. Lomba Merias Diri sebagai Tokoh Pahlawan Indonesia
Ada banyak tokoh pahlawan yang bisa Anda pilih sebagai sumber inspirasi make up Anda. Riaslah diri Anda semirip mungkin dengan tokoh tersebut. Gunakan alat dan produk make up yang Anda miliki, tanpa perlu membeli. Supaya lebih menarik, pakailah kostum yang mendukung riasan Anda. Kreasikan ide dan keluarkan kemampuanmu untuk nantinya diperlihatkan saat melakukan daring bersama teman, sahabat, atau mungkin keluargamu.

4. Lomba Menjatuhkan Kertas dari Wajah
Simpel dan menarik menjadi kunci dalam lomba satu ini. Anda hanya perlu potongan kertas bekas kecil yang tempelkan di beberapa titik wajah menggunakan sedikit air. Jumlahnya bebas, sesuai dengan kesepakatan. Siapkan pula alat hitung waktu, seperti stopwatch. Teknisnya, Anda harus menjatuhkan kertas tersebut dengan menggerakkan seluruh otot pada wajah, tanpa bantuan tangan. Siapa yang tercepat, itulah pemenangnya. Peserta lain yang tidak mengikuti lomba ini bisa melihat beragam ekspresi wajah dan tentunya akan sangat menghibur.

5. Lomba Kupas dan Potong Buah-buahan
Kemampuan di dapur bisa menjadi ide menarik dalam lomba virtual. Anda bisa memilih buah-buahan sebagai media perlombaan. Cukup siapkan beberapa jenis buah seperti apel, pir, atau jeruk untuk Anda kupas bersama dengan teman virtual. Kupas dan potong sampai buah-buahan tersebut siap disajikan. Aturan perlombaan lainnya bisa dirundingkan bersama. Selain mengasah skill, Anda pun lebih sehat karena mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X