Link untuk Mengakses Festival Majaphit yang Digelar 25 Agustus

- Senin, 23 Agustus 2021 | 12:45 WIB
Situs Festival Majapahit.
Situs Festival Majapahit.

MOJOKERTO, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah Kota Mojokerto bersama Bank Indonesia akan menggelar Festival Majapahit 2021 secara virtual yang diselenggarakan pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Bupati Mojokerto, Ika Puspitasari, menjelaskan Festival Majapahit 2021 muncul menggantikan rencana kegiatan bertajuk Pekan Budaya Majapahit 2021. Sedianya, pekan budaya digelar secara langsung di Taman Benteng Pancasila (Benpas) Juli lalu.

"Namun, situasi pandemi COVID-19 saat itu terjadi gelombang dua dengan tingkat keterpaparan COVID-19 yang sangat tajam sehingga pergelaran pekan budaya itu tidak mungkin dilaksanakan secara langsung," katanya.

Ia mengatakan awalnya Pemkot Mojokerto bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam penyelenggaraan Pekan Budaya Majapahit 2021 untuk mewujudkan program prioritas kepala daerah di bidang pariwisata.

"Kegiatan direncanakan berlangsung digelar di satu titik, yakni Taman Benpas. Namun, situasi pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan harus digelar secara virtual," katanya.

Ning Ita, sapaan akrabnya, mengatakan pembangunan bidang budaya dan pariwisata harus tetap berjalan, meski menghadapi pandemi COVID-19.

"Kami tetap semangat, pantang surut langkah menyelenggarakan kegiatan budaya. Meskipun Festival Majapahit 2021 dikemas secara virtual, tetapi secara substansi hampir sama," kata Ika Puspitasari seraya berharap Festival Majapahit 2021 bisa menjadi pendukung di bidang kepariwisataan.

Ketua Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto Gaguk Tri Parsetyo mengatakan dalam Festival Majapahit 2021 beberapa kegiatan sudah divisualkan, seperti tari Majapahit, pameran batik Majapahit, pagelaran wayang, foto-foto bangunan bersejarah, batik lawasan, dan ajang lainnya.

"Laman yang disajikan panitia pelaksana bisa jadi destinasi festival yang dapat menjangkau publik tanpa sekat geografis, jadi secara jangkauan, festival ini lebih luas," katanya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X