3 Jenis Pelumas Kondom yang Aman, Pakai Minyak Kelapa ?

- Senin, 23 Agustus 2021 | 19:56 WIB
Ilustrasi kondom.
Ilustrasi kondom.

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Sebagian pria mengeluhkan memakai kondom saat berhubungan seks mengurangi kenikmatan. Namun dengan jenis pelumas tertentu aktivitas seksual terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Kebanyakan kemasan kondom sudah disertai dengan pelumas kondom. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk menggunakan pelumas kondom tambahan demi kenyamanan dan keamanan dalam berhubungan seks.

Beragam Jenis Pelumas Kondom yang Aman

Dikutip dari alodokter, Sebagian orang malah disarankan untuk menggunakan kondom tanpa pelumas dan menambahkan pelumas kondom secara terpisah. Hal ini karena beberapa jenis kondom yang dilengkapi pelumas mengandung spermisida nonoxynol-9, yaitu zat kimia yang dapat membunuh sperma, tapi juga bisa memicu peradangan dan reaksi alergi.

Penggunaan pelumas kondom dapat memperlicin dan mempermudah penetrasi atau masuknya penis saat berhubungan seks sehingga dapat mengurangi efek gesekan karet kondom dan kulit yang kurang nyaman.

Sama seperti kondom itu sendiri, pelumas kondom juga terdiri dari beragam jenis dan masing-masing memiliki komposisi yang berbeda. Berikut adalah macam-macam pelumas kondom:

1. Pelumas berbahan dasar air
Para ahli menilai pelumas jenis ini paling aman digunakan untuk berbagai aktivitas seksual, karena pelumas berbahan dasar air tidak merusak lateks yang merupakan bahan dasar kondom, juga tidak menyebabkan iritasi kulit. Pelumas ini juga sangat mudah dibersihkan dengan air. Namun, pelumas ini tidak bisa bertahan cukup lama.

2. Pelumas berbahan dasar minyak
Sebagian orang mungkin akan lebih menyukai pelumas berbahan dasar minyak karena dapat membuat seks lebih bertahan lama. Selain itu, pelumas minyak juga sekaligus dimanfaatkan untuk sesi memijat yang menyenangkan.

Sayangnya, pelumas berbahan dasar minyak dapat meningkatkan risiko robeknya kondom lateks, sehingga risiko kehamilan atau infeksi menular seksual juga menjadi lebih besar. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan tujuan memakai kondom. Selain itu, pelumas ini juga diketahui lebih berisiko menyebabkan vaginosis bakterialis.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Link Download Logo 17 Agustus 2022 (HUT RI ke 77)

Minggu, 31 Juli 2022 | 21:03 WIB

4 Tanda Pasangan Merasa Bosan dengan Hubungan

Rabu, 27 Juli 2022 | 11:30 WIB
X