Nama Ahok Ramaikan Bursa Pilwalkot Surabaya 2020

- Rabu, 31 Juli 2019 | 10:04 WIB
Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal dengan panggilan Ahok atau BTP yang dianggap sebagai kuda hitam dalam Pilwalkot Surabaya 2020. (Instagram @basukibtp)***
Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal dengan panggilan Ahok atau BTP yang dianggap sebagai kuda hitam dalam Pilwalkot Surabaya 2020. (Instagram @basukibtp)***

Walaupun menganggap kariernya di politik sudah habis, ada saja kalangan yang menganggap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai sosok potensial yang kiprahnya di birokrasi tak pantas disia-siakan. Nama Ahok misalnya disebut-sebut sebagai kuda hitam dalam Pilwalkot Surabaya 2020.

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM— Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atau BTP disebut-sebut sebagai kuda hitam dalam Pilwalkot Surabaya 2020. Padahal Ahok mengaku karier politiknya sudah habis.

"Orang mayoritas beragama sudah mencap saya penista, masyarakat kelas menengah, terutama ibu-ibu, marah karena urusan perceraian saya dan pernikahan saya. Jadi, ya sudah sebetulnya sudah selesai (karier politik)," kata Ahok saat menerima Roosseni Award, Senin (22/7/2019).

"Saya tidak mungkin jadi menteri. Saya ‘kan sudah cacat di republik ini. Bukan pesimis, tapi saya memberi tahu fakta dan kenyataan," kata Ahok seperti disampaikan di sini.

Walaupun demikian, pemerhati politik dari Damai Center for Social Life, Belina Ho tetap menganggap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bisa menjadi kuda hitam dalam Pilwalkot Surabaya 2020. “Saya lihat kans terbesar di Pilkada Surabaya nanti ada pada golongan nasionalis dan Nahdliyin. Jika keduanya bersatu, tokoh yang mereka usung akan leading,” kata Belina seperti ditulis di sini.

Di samping menyebut nama Ahok, Belina juga mengusulkan nama lain seperti Gus Hans, Dhimas Anugrah, Hendro Gunawan, Indah Kurnia, Audrey Yu, Agus Yudhoyono, dan Kirana Larasati sebagai sosok yang bisa bertarung dalam Pilwalkot Surabaya 2020.

“Tapi yang harus diingat adalah menjadi wali Kota Surabaya itu tidak mudah. Harus mau serius mendengar keluhan warga dan berani ambil keputusan,” kata Belina.

6 Birokrat Masuk dalam Radar Partai Demokrat

Walaupun prosesnya masih panjang, banyak nama sudah disebut sebagai kandidat yang layak memipin Surabaya setelah Tri Rismaharini selesai menjabat. Partai Demokrat misalnya, menyebut ada 6 birokrat yang masuk dalam radar partai yang berpeluang bisa diusung dalam Pilwalkot Surabaya 2020.

Menurut Komisi Pemenangan Pemilu DPC Partai Demokrat Surabaya Herlina Harsono Njoto, hingga saat ini Partai Demokrat belum merilis nama-nama cawali-cawawali Surabaya. Kendati demikian, Partai Demokrat sudah mengantongi beberapa nama.

AYO BACA : Inilah Tahapan Pilwalkot Surabaya 2020

Halaman:

Editor: Rahim Asyik

Tags

Terkini

X