Begini Cara Melawan Peneror Pinjol Sesuai Kaidah Hukum, Jangan Diam

- Rabu, 3 November 2021 | 18:29 WIB
Ilustrasi peneror pinjol. (Icons8 Team on Unsplash)
Ilustrasi peneror pinjol. (Icons8 Team on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Seorang ibu di suatu daerah diduga melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri karena menjadi korban pinjol ilegal.

Itulah kabar terbaru mengenai korban pinjol ilegal karena tak kuasa menanggung ancaman dan teror yang dilancarkan pinjol yang tak tercatat di OJK.

Nah, bagaimana sebaiknya bila kamu terkena teror pinjol ilegal? Berikut penjelasan dari @Justika_id, salah satu jasa Konsultasi Hukum via Online melalui utasnya di twitter beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 8 Senjata Tradisional Pahlawan Indonesia saat Menghadapi Penjajah

Begini kata @Justika_Id hal yang harus kamu lakukan segera ketika diteror pinjol ilegal:

Sejatinya, tujuan utama perlindungan data pribadi adalah agar data yang kita miliki tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, aturan ini tertulis dalam Pasal 26 UU ITE.

Lalu, bagi siapa pun yang mengirim pesan elektronik bernada ancaman dengan memanfaatkan data pribadi, maka pelaku dapat dipidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000 seperti yang diatur dalam Pasal 45B UU ITE.

Dalam kasus utang piutang, apabila penagih hutang melakukan pengancaman kepada orang yang tidak memiliki hutang piutang kepada dirinya.

Baca Juga: Syarat-syarat Seseorang Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X