10 Fakta Gunung Guntur yang Viral, dari Tumbuh Ganja hingga Habitat Macan

- Senin, 27 September 2021 | 15:00 WIB
10 Fakta Gunung Guntur, Jawa Barat (Pixabay)
10 Fakta Gunung Guntur, Jawa Barat (Pixabay)

GARUT, AYOSURABAYA.COM -- Belum lama ini publik dihebohkan tentang kabar seorang pendaki hilang di Gunung Guntur bernama Gibran Arasyid. Bocah berusia 14 tahun itu baru ditemukan 5 hari setelah dinyatakan hilang pada, Minggu, 19 September 2021. Menariknya, ada 10 fakta tentang Gunung Guntur yang perlu diketahui.

Gunung Guntur yang berada di daerah Jawa Barat ini memang memiliki magnet kuat bagi para pendaki di seluruh Indonesia. Gunung Guntur memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Selain keindahan alam, fakta Gunung Guntur lainnya tak terlepas dari mitos yang beredar di sana.

Berikut adalah ulasan tentang 10 fakta menarik Gunung Guntur dikutip dari Suara.com--jaringan Ayosurabaya.com:

Baca Juga: Jazz Gunung Bromo 2021 Lunasi Dahaga Penikmat Tembang Lawas

1. Bagian dari Cagar Alam

Fakta menarik Gunung Guntur pertama adalah fakta bahwa gunung ini merupakan bagian dari cagar alam atau Kawasan yang dilindungi oleh pemerintah, hal ini dikarenakan gunung yang memiliki ketinggian 2.249 berdekatan dengan Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray.

2. Hukuman Pidana bagi Pelanggar

Fakta kedua adalah adanya hukuman bagi pelanggar, karena Gunung Guntur termasuk daerah konservasi yang dilindungi maka segala jenis aktivitas yang dilakukan harus berdasarkan izin yang sudah diajukan. Maka dari itu aka nada hukuman bagi siapapun yang melakukan segala jenis aktivitas illegal yang dilakukan di Kawasan Gunung Guntur.

Barang siapa dengan sengaja melakukan pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (1) dan Pasal 33 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 200 juta.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X