Tips Berpergian Tanpa Aplikasi PeduliLindungi, Tak Perlu Pakai Smartphone

- Selasa, 28 September 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi. Aplikasi PeduliLindungi menjadi andalan panitia PON XX Papua 2021 untuk memfilter para tamu yang masuk ke Papua. (Ayosemarang/Budi Cahyono)
Ilustrasi. Aplikasi PeduliLindungi menjadi andalan panitia PON XX Papua 2021 untuk memfilter para tamu yang masuk ke Papua. (Ayosemarang/Budi Cahyono)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Chief Digital Transformation Office, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Setiaji mengatakan warga yang tak punya ponsel bisa berpergian dengan moda transportasi umum.

Menurut Setiaji masyarakat yang tidak memiliki smartphone atau ponsel, masih akan bisa berpergian tanpa harus aplikasi pedulilindungi.

Hal ini karena sistem PeduliLindungi akan diintegrasikan ke bandara dan stasiun kereta api.

Baca Juga: Diva Kurnianingtyas, Mahasiswi ITS Sabet Gelar Doktor di Usia 24 Tahun

Setiaji menjelaskan bahwa ketika sistem PeduliLindungi sudah terintegrasi maka warga pelaku perjalanan tinggal melaporkan NIK saat membeli tiket.

Jika naik kereta api itu sudah tervalidasi pada saat pesan tiket, sehingga tanpa menggunakan handphone pun itu bisa diidentifikasi bahwa yang bersangkutan sudah memiliki vaksin dan ada hasil tesnya (PCR atau antigen).

“Sudah kami berlakukan di bandara, misalnya di bandara itu bahkan di tiket sudah kami integrasikan,” ujar Setiaji dilansir dari Suara.com--jaringan Ayosurabaya.com, Selasa, (28/9/2021).

Baca Juga: Muazin Masjid Ini Diserang Telinganya Nyaris Putus, Diduga Terkait Narkoba

Lebih lanjut, kata Setiaji, sistem PeduliLindungi akan dapat diakses melalui aplikasi lain mulai Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X