Kuliner Surabaya Enak dan Murah : Rekomendasi Makan Siang Hari Ini, Sate Kelopo Keputran

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:25 WIB
Ani penjual Sate Kelopo Keputran. Kedainya pernah dikunjungi Mensos Tri Rismaharini. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)
Ani penjual Sate Kelopo Keputran. Kedainya pernah dikunjungi Mensos Tri Rismaharini. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

KEPUTRAN, AYOSURABAYA.COM -- Kuliner Surabaya enak dan murah untuk hari ini Kamis 7 Oktober, ayosurabaya merekomendasikan Sate Kelopo Keputran.

Mengapa Sate Kelopo Keputran ? jawabannya sederhana saja karena enak dan murah. Penasaran? Yuk coba dulu rasanya.

Sate Kelopo Keputran berlokasi di Jalan Keputran IX. Letaknya tak jauh dari Pasar Keputran, hanya sekitar 40 meter ke arah barat raya utama Urip Sumoharjo. Lapaknya juga sangat sederhana, beralaskan meja dan koran bekas seadanya, dibalut taplak kusam.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Surabaya Kamis 7 Oktober, Tidak Ada Hujan

Semerbak aroma sedap sate kelopo atau sate kelapa yang dibakar menusuk ke indra penciuman saat berada di lokasi.

Pedagang Sate Kelopo Keputran, Ani, tampak menyambut dengan semringah saat AyoSurabaya.com berkunjung ke lapaknya. "Sampeyan sejinah nopo separuh, Mas? (Anda 10 tusuk atau setengah, Mas?)," tanya Ani.

Sekitar 5 hingga 10 menit, sate ayam dan daging sapi yang dibalut kelapa dengan bumbu rempah khas Madura itu dibakarnya. Setengah matang, begitu ciri khas kuliner tersebut.

Serupa dengan sate pada umumnya, sate kelopo disajikan dengan nasi plus bumbu kacang, lengkap dengan bawang merah dan sambal. Uniknya, sate ini diberi koya berbahan kelapa yang disangrai kering.

Baca Juga: 5 Jus yang Dapat Mengurangi Kadar Asam Urat, Mudah Bisa Dibuat di Rumah

"Niki, Mas, monggo didahar (Ini, Mas, silakan disantap)," ujar wanita berusia 61 tahun itu.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X