3 Penyebab Penyakit Tulang Belakang, Jangan Anggap Remeh

- Minggu, 14 November 2021 | 11:19 WIB
3 Penyebab Penyakit Tulang Belakang, Jangan Anggap Remeh (Mahri Priyatno)
3 Penyebab Penyakit Tulang Belakang, Jangan Anggap Remeh (Mahri Priyatno)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Dokter spesialis bedah saraf di Surabaya, dr Muhammad Faris menyebut ada 3 penyebab penyakit tulang belakang.

Mengonsumsi aneka jenis makanan bergizi nan bernutrisi tinggi rupanya tak menjamin seseorang memiliki tubuh sehat. Sebab, kesehatan seseorang juga kudu ditopang dengan pola gaya hidup yang sehat pula. Simak penyebab penyakit tulang belakang.

Apabila masih membiasakan diri dengan melakukan pola hidup yang tak sehat, tentu berpotensi memunculkan segudang problematika kesehatan pada tubuh. Mengingat, penyakit dapat datang kapan saja tanpa memandang pendidikan, postur, gen, hingga usia pengidapnya. Pun dengan gangguan tulang belakang. Ada beberapa penyebab penyakit tulang belakang.

Baca Juga: 3 Gejala Diabetes pada Wanita yang Wajib Diwaspadai, Salah Satunya Ada di Organ Intim

Dokter spesialis bedah saraf di Surabaya, dr Muhammad Faris mengamini hal itu. Menurutnya, ada beberapa faktor gaya hidup yang dinilai dapat memantik terjadinya penyakit tulang belakang. Diantaranya:

- Pertama, posisi duduk yang salah,
- Kedua, teknik ketika mengangkat barang berat dengan posisi tubuh yang salah,
- Ketiga, ketika melakukan fitnes, terkadang lebih memilih tidak menggunakan personal trainer dan cenderung fokus pada pembentukan otot, namun tak mempreparasi otot pada tulang belakangnya.

Baca Juga: Catat! Penyebab Penyakit TBC, Karena Pola dan Gaya Hidup

Faris menyatakan, dampaknya kerap ditemui kasus hernia nukleus pulposus (HNP). Terutama, pada seseorang yang masih dalam usia muda.

Ia menuturkan, salah satu gejala yang kerap ditemui adalah tubuh seseorang tersebut terasa nyeri. Bahkan, menjalar ke bagian tubuh saat akan atau sedang mengangkat barang berbobot tinggi.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Ayosurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Punya Gejala Asam Urat? Lakukan Pencegahan Ini!

Senin, 27 Juni 2022 | 23:55 WIB
X