Produsen Kakao Terbesar ke-3 Dunia Ada di Kampung Coklat Blitar, Yuk Berkunjung

- Kamis, 16 Desember 2021 | 10:07 WIB
Suasana Kampung Coklat di  Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Rabu (15/12/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)
Suasana Kampung Coklat di Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Rabu (15/12/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

BLITAR, AYOSURABAYA.COM - Apa yang ada di benak Anda bila mendengar kata coklat? Manis? Gurih? Atau mengesankan?

Nah, kali ini AyoSurabaya bakal mengajak Anda untuk berkunjung langsung ke Kampung Coklat yang berada di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Seperti namanya, ada aneka jenis olahan coklat di sini, mulai dari makanan, minuman, hingga beragam camilan murah nan lezat.

Manager Office Kampung Coklat, Edi Purwanto mengatakan, hampir semua pengunjung yang pernah berkunjung selalu mengaku terkesan dengan hasil olahan coklatnya. Bahkan, rasa lembut, manis, dan nikmatnya coklat tak kalah bersaing dengan hasil olahan dari negara lainnya.

Baca Juga: Blitar Punya Destinasi Baru Murah Meriah, Kampung Coklat

Edi menuturkan, Kampung Coklat tak hanya sekedar tempat berlibur dan membeli oleh-oleh. Sebab, sejak dibuka sedari 2014 lalu, pihaknya menjadikan kawasan tersebut menjadi wisata edukatif, baik bagi perorangan, kelompok, mau pun keluarga.

"Bila ada pengunjung yang penasaran bagaimana cara mengolah kakao menjadi coklat, bisa langsung melihat dan belajar," kata Edi, Senin (15/12/2021).

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis Kampung Coklat Blitar, Akhsin Al Fata menjelaskan, salah satu alasan didirikan dan dibukanya Kampung Coklat yakni menunjukkan salah satu komoditas ekspor terbesar dari Indonesia kepada masyarakat. Menurutnya, Kampung Coklat menjadikan Indonesia sebagai produsen kakao terbesar ke-3 di dunia.

Baca Juga: Viral Video Awan Merah Disertai Petir di Jatim, Gunung Welirang Meletus? Berikut Penjelasan BMKG

"Kami ingin membagikan ilmu yang kami miliki agar masyarakat tahu kalau Indonesia juga penghasil coklat dari kakao. Tapi, belum banyak masyarakat mengetahui," ujarnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X